subscribe: Posts | Comments

Buku Panduan FPIC

0 comments
Buku Panduan FPIC

BUKU PANDUAN FPIC. Free, Prior and Informed Consent (Persetujuan atas Dasar Informasi Awal Tanpa Paksaan) dalam Pencegahan dan Penyelesaian Konflik Sumber Daya Alam

Penyusun : Jomi Suhendri dan Ahmad Zazali
Editor : A.Y. Firdaus
ISBN : 978-602-98542-1-3  |  Cetakan I, Oktober 2012

 SEKILAS TENTANG BUKU

Scale Up sejak didirikan pada tahun 2007 telah berupaya keras mengembangkan inisiatif-inisiatif baru penyelesaian konflik melalui mekanisme di luar pengadilan atau ADR (Alternative Dispute Resolution), khususnya melalui pendekatan Mediasi. Pendekatan mediasi dipilih karena diyakini bisa mewujudkan penyelesaian yang lebih berkeadilan dan damai serta mengembalikan atau menciptakan hubungan baru yang harmoni setelah para pihak berkonflik menemukan kesepakatan. Hubungan harmoni yang tercipta diharapkan menciptakan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

Di samping itu, Scale Up secara konsisten mempromosikan penerapan prinsip FPIC (Free, Prior and Informed Consent atau Persetujuan atas Dasar Informasi Awal Tanpa Paksaan) dalam segala sektor pembangunan yang berpotensi memberikan dampak pada masyarakat dalam dan sekitar lokasi pembangunan. Pembangunan sektor sumber daya alam kehutanan, perkebunan, pertambangan, minyak dan gas, bendungan, dan infrastruktur semestinya menempatkan FPIC sebagai bagian penting sebelum operasional pembangunan dijalankan. Harapannya dengan penerapan FPIC, masyarakat dapat mengambil keputusan yang tepat dan benar. Ini relevan dengan hak menentukan diri sendiri sebagai bagian dari nilai-nilai penting Hak Asasi Manusia (HAM).

Panduan atau Modul FPIC ini diharapkan bisa memberi kontribusi bagi pihak-pihak yang memiliki pandangan serupa tentang pentingnya penerapan dan pengakuan hak masyarakat atas FPIC. Lebih luas, modul ini diharapkan bisa berguna bagi pengarusutamaan isu hak-hak, kemandirian, dan HAM dalam pengelolaan sumber daya alam.

Buku FPIC [cover depan]

 

>>>  Bagi yang berminat dengan buku ini, silahkan kirim email ke : infoscaleup@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image