Buku Penelitian – Pelajaran Kasus Senyerang vs WKS

BUKU PENELITIAN. Pelajaran dari Konflik, Perundingan dan Kesepakatan antara Desa Senyerang dengan PT Wira Karya Sakti

Penulis : Patrick Anderson (FPP), Harry Oktavian (Scale-Up), Aidil Fitri (WBH) dan
Rudiansyah (Walhi Jambi)
Cetakan I, Januari 2015

 SEKILAS TENTANG BUKU

Latar Belakang

Pada awal 2013, Asia Pulp and Paper (APP) merilis Kebijakan Konservasi Hutan miliknya (KKH). Kebijakan tersebut memberitahu NGO yang terlibat bahwa penyelesaian konflik antara Desa Senyerang dan konsesi kayu pulp industri dari anak perusahaan APP, yaitu PT Wira Karya Sakti (WKS), akan menjadi prioritas dalam penerapan kebijakan baru tersebut. Setelah sengketa selama lebih dari satu dekade, kedua pihak mengadakan perundingan dan mencapai kesepakatan mengenai lahan seluas 4.004 hektar dari konsesi WKS. Masyarakat memperoleh akses ke lahan seluas seribu satu hektar sehingga mereka bisa menanam karet, dan mengadakan perjanjian pembagian keuntungan yang mencakup tambahan lahan seluas tiga ribu tiga hektar dari perkebunan akasia PT WKS.

Tujuan dari laporan ini

Penelitian ini dilakukan untuk menarik pelajaran dari proses perundingan tersebut dan kesepakatan yang dihasilkannya, dalam rangka untuk mengoptimalkan perundinganperundingan di masa depan antara masyarakat dan APP berdasarkan pelajaran dari kasus Senyerang – WKS ini.

Bagi yang berminat dengan buku ini, silahkan download melalui link  di bawah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image