subscribe: Posts | Comments

Dari Cerita Berlanjut ke Budidaya Kelulut

0 comments
Dari Cerita Berlanjut ke Budidaya Kelulut

Scale Up, Koto Lamo – Di desa Koto Lamo, budidaya madu kelulut menjadi pijakan langkah kelompok tani hutan merajut itikad bersama untuk berhenti melakukan aktivitas bebalak (pembalakan) kayu hutan. Demikian ungkap
Nuskan (36), berbagi cerita tentang pengalaman beraktivitas di desa Koto Lamo, Riau.

Ia mengawali ceritanya dari kemelut kesatuan masyarakat adat yang berada di dalam Suaka Margasatwa Rimbang Baling. Kegiatan sehari-hari masyarakat Koto Lamo menakik (menyadap getah karet) sebagai mata pencaharian utama.  Namun saat musim penghujan tiba, getah karet yang didapatkan berkurang. Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, aktivitas membalak (menebang pohon untuk dijual) menjadi pekerjaan sampingan di musim penghujan.  Aktivitas ini dilakukan dengan berat hati karena dampak yang telah dialami langsung oleh masyarakat.

“Terjadi banjir bandang yang memutus jembatan yang menghubungkan beberapa desa di sekitar bukit Rimbang Baling. Dampak bebalak sudah disadari oleh masyarakat. Namun di sisi lain, kebutuhan ekonomi rumah tangga harus tetap dipenuhi,” ujar Nuskan.

Ada dua pemuda, kata Nuskan, yang mengawali membudidayakan kelulut di Koto Lamo. Langkah budidaya kelulut sebagai upaya menuai pendapatan lebih untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

“Sulit untuk melarang aktivitas bebalak jika tidak menyodorkan solusi akan kebutuhan ekonomi rumah tangga. Mungkin madu kelulut menjadi salah opsi yang menyentuh akar masalah dari bebalak, yaitu kebutuhan ekonomi rumah tangga,” papar Nuskhan.

Kini budidaya sarang madu kelulut menyebar ke setiap halaman rumah Desa Koto Lamo. Seminimnya, 180 Kepala Keluarga (KK) dari 280 KK di Koto Lamo, sudah memiliki 3-5 sarang kelulut di rumahnya. Mereka kemudian membentuk satu kelompok bernama kelompok tani hutan Batu Kalang Batang Bio. Tujuan dari kelompok ini sendiri adalah agar anggota di dalamnya dapat belajar bersama kendala yang dihadapi dalam budidaya. Langkah-langkah pemasaran dirancang untuk mendistribusikan kelimpahan hasil madu kelulut nantinya.

“Satu tetes madu dengan rasa masam berbalut manis segar memberikan ragam khasiat kesehatan bagi ketahanan daya tubuh anda,” ujar Nuskan sembari menawarkan satu botol madu kelulut.

Diketahui bahwa nilai khasiat nutrisi dari madu lebah kelulut mengandung beberapa zat penting yaitu zat hidrat arang, protein (dalam bentuk asam amino esensial, asam lemak esensial, vitamin, mineral, enzim, dan hormon-hormon yang diperlukan oleh tubuh manusia untuk proses regenerasi sel-sel jaringan.

Madu ini sesuai untuk semua peringkat umur, baik anak-anak maupun dewasa, dan baik untuk kesehatan tubuh. Khasiat mengkonsumsi madu kelulut dapat meningkatkan sistem imun, meningkatkan tenaga, memperlambat proses penuaan, meningkatkan kesuburan, dan melancarkan peredaran darah. Selain itu madu ini apabila rutin dikonsumsi dipercaya bisa mencegah keletihan, darah tinggi, kanker, sakit perut, masalah haid, diabetes, asma dan banyak khasiat lainya.

Jadi bagaimana dengan anda, mau mencoba merasakan bulir masam madu berselancar di lidah kemudian rasa manis berpendar dalam rongga mulut dari madu kelulut dari Koto Lamo? (som)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image