Sharing Session Sebagai Kegiatan yang Sangat Positif

Sharing Session Sebagai Kegiatan yang Sangat Positif

18 November 2019 34

Pekanbaru, -Sustainability APRIL Group Susilo Sudarman mengatakan bahwa kegiatan Sharing Session yang kerap diadakan oleh Scale Up ini merupakan suatu kegiatan yang sangat positif. Susilo merupakan pembicara pada Sharing Session bersama APRIL Group  dengan tema bagaimana APRIL Group menangani konflik, acara ini di adakan pada Jumat 26 April di Pekanbaru.

“Sharing Session ini merupakan Sharing Session seri ke 11, yang delapan diantaranya mengundang pihak perusahaan sebagai naraumber. Nantinya, setelah sharing session seri ke 12 dilaksanakan, maka akan kami jadikan sebuah narasi dan buku diakhir seri,” kata Direktur Scale Up,  Dr. M. Rawa El Amady di Pekanbaru.

Ia menyampaikan bahwa Scale Up memang sering mengadakan Sharing Session sebagai upaya untuk mendorong terbentuknya unit penanganan konflik di tingkat daerah.

“Banyak daerah di Provinsi Riau yang memiliki potensi konflik, dan banyak pula yang sedang dalam kondisi berkonflik. Oleh sebab itu, melalui kehadiran Scale Up diharapkan potensi konflik yang ada tidak berkembang menjadi konflik, sedangkan yang telah berkonflik dapat ditangani dengan mengedepankan transparansi,” jelas Susilo Sudarman.

“Dalam menangani konflik, APRIL Group memiliki Grievance Processing Unit yang merupakan tim dengan konsultasi selama satu tahun bersama dengan rekanan (NGO) nasional dan internasional yang  di release pada Agustus 2016,” katanya.

Ia menyampaikan bahwa grievance pertama merupakan keluhan dari FMPSK mengenai tanaman kehidupan yang tergerus abrasi.

“Dan melalui grievance ini pada 2016 terdapat satu kasus terselesaikan, kemudian 2017 terdapat delapan kasus, pada 2018  ada empat kasus, dan pada 2019 ini belum ada pengaduan. Dari total 13 kasus sebanyak 12 kasus telah terselesaikan dan satu kasus lagi sedang dalam proses penanganan,” paparnya.

Ia juga menyebutkan bahwa Scale Up telah memiliki pengalaman dalam melakukan pengajuan grievance.

“Ketika grievance diterima maka akan ditanggapi dalam 10 hari kerja oleh tim GPU. Setelah itu akan ada verifikasi selama 10 hari kerja juga. Dan dalam proses itu akan melibatkan pihak ketiga ketika proses verifikasi dilakukan, penunjukan pihak ketiga ini juga melalui persetujuan bersama”, jelasnya.