subscribe: Posts | Comments

Mediasi Salah Satu Sarana Bagi Masyarakat Dalam Perlawanan

0 comments
Mediasi Salah Satu Sarana Bagi Masyarakat Dalam Perlawanan

REALNEWSSUMSEL.COM, Palembang – Banyaknya Korban yang timbul saat melakukan aksi unjuk rasa (perlawanan) yang dilakukan masyarakat ketika berkonflik dengan Pemerintah atau perusaat terkait dengan Sumber Daya Alam (SDA), menjadi dasar bagi  Not Goverment Organisasio (NGO) Sustainable Social Development Partnership (Scale Up), yang mengatakan bahwa dalam setiap menyelesaikan konflik sebaiknya mengedepankan sistem Mediasi atau Negosisasi.

 

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Scale Up  Harry Oktavian, saat menggelar pelatihan  Meningkatkan Kemampuan Masyarakat Dalam Penyelesain Konflik Sumber Daya Alam, yang di gelar di Hotel Azza Palembang, Senin (27/10).

 

Menurutnya,  tekanan yang dilakukan kepada pemerintah atau perusahaan terkait dengan konflik tidak hanya semat-mata dilakukan dengan aksi, akan tetapi tekanan tersebut juga dapat dilakukan dalam hal mediasi ataupun negosiasi.

 

” Kita coba memberikan pemahaman kepada masyarakat, dalam hal mempertahankan hak-haknya, tidak selalu dengan aksi-aksi yang akan tidak jarang berujung pada kekerasan dan menimbulkan korban, masyarakat juga harus cakap dan pandai menganalisa pihak lawan (pemerintah dan perusahaan), ketika akan melakukan mediasi atau negosisasi dengan pihak “lawan”” ujar Harry Oktavian

 

Dijelaskannya, dalam pelatihan ini di ikuti oleh masyarakat dari 4 kabupaten di sumsel, yang di daerahnya sering terjadi konflik. ” harapannya ketika merejka (masyarakat) mampu melakukan dialog dan tahu akan hak-haknya”.

 

Sementara itu, Sudarto Marelo Divisi Gambut Serikat Petani Sriwijaya (SPS) mengatakan bahwa, aksi atau mediasi itu sama-sama penting, perlawanan yang dilakukan masyarakat untuk mempertahankan haknya, ” ketika ada persoalan antara pemerintah atau perusahaan dengan masyarakat, terkait dengan SDA, Aksi unjuk rasa dan mediasi atau negosisasi sama-sama penting” terangnya.

 

Dijelaskan sudarto, kalau kita sudah melakukan penekanan dengan aksi yang dilakukan berkali-kali, sehingga membuka ruang mediasi, kita (masyarakat) harus juga mampu menyampaikan  apa yang menjadi permasalahan di dalam mediasi tersebut

 

” Mediasi juga merupakan salah satu sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan permasalahan yang menjadi konflik diantara keduanya, dan keduanya menjadi penting dalam hal memperjuangkan atau mempertahankan hak masyarakat” tutup sudarto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image