Home
cover_modul mediasi  

Panduan Pelatihan Mediasi Konflik Sumber Daya Alam
Penyusun : Asep Yunan Firdaus, Gamal Pasya, Ahmad Zazali, dan Jomi Suhendri
ISBN : 978-602-98542-2-0
Cetakan Pertama, Oktober 2012

Inisiatif-inisiatif penyelesaian konflik sumber daya alam selain mekanisme pengadilan, masih belum banyak berkembang untuk menjawab masalah sengketa ini. Pengadilan sebagai tempat untuk menyelesaikan konflik, sering kali justru menyebabkan munculnya konflik baru setelah hakim membuat keputusan.

Scale Up sejak didirikan tahun 2007 telah berupaya keras mengembangkan inisiatif-inisiatif baru penyelesaian konflik melalui mekanisme di luar pengadilan atau ADR (Alternative Dispute Resolution), khususnya melalui pendekatan Mediasi. Pilihan pendekatan mediasi dipilih karena diyakini bisa mewujudkan penyelesaian yang lebih berkeadilan dan damai serta mengembalikan atau menciptakan hubungan baru yang harmoni setelah para pihak berkonflik menemukan kesepakatan.Hubungan harmoni yang tercipta diharapkan menciptakan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

Panduan atau modul ini diharapkan bisa memberi kontribusi bagi pihak-pihak yang memiliki pandangan serupa tentang pentingnya inisiatif penyelesaian konflik sumber daya alam yang adil, damai, dan harmoni. Lebih luas, modul ini diharapkan bisa berguna bagi pengarusutamaan penyelesaian konflik sumber daya alam dengan pendekatan ADR di Indonesia.

-----------------------------------------

Bagi yang berminat dengan buku ini, dapat mengirimkan email ke : infoscaleup@yahoo.com
Jangan lupa sebutkan nama anda, asal instansi/institusi/perusahaan/lembaga, nomor telepon, dan sertakan pula alasan anda menginginkan buku ini/untuk keperluan apa