Home

Kamis, 12 Juli 2012
INFO JAMBI
Scale Up Konsultasikan Hasil Studi Dampak Sosial di Wilayah PT. REKI

Scale Up, Jambi - Hasil studi Scale Up pada bulan Maret hingga Juni 2012 di kawasan PT. Restorasi Ekosistem (PT. REKI) di Jambi dan Sumatera Selatan yang melihat dampak sosial atas operasional PT. REKI, dikonsultasikan dengan berbagai pihak pada Rabu, 12 Juli 2012 di Hotel Cosmo, Jambi. Konsultasi hasil studi ini juga dimaksudkan untuk memperkuat data dan temuan tim studi di lapangan.

Dalam kegiatan konsultasi hasil studi tersebut, hadir berbagai pihak diantaranya perwakilan masyarakat Dusun Kunangan Jaya I, Dusun Simpang Macan, Tanjung Mandiri, dan Desa Sako Suban, wakil dari Lembaga Swadaya Masyarakat, Pemerintah Daerah, PT REKI, dan Burung Indonesia.

Menurut Harry Oktavian, Deputi Eksekutif Scale Up, konsultasi ini bertujuan untuk melakukan konsultasi dan proses belajar bersama antar pihak dalam memotret konflik di kawasan proyek perubahan iklim.

"Melalui kegiatan konsultasi ini, kita dapat pula berbagi informasi hasil temuan studi Scale Up di kawasan proyek perubahan iklim restorasi ekosistem di Jambi dan Sumatera Selatan, dan mendorong inisiatif dan belajar bersama untuk penyelesaian konflik di wilayah proyek restorasi ekosistem Sumatera," ujarnya.

Dalam proses konsultasi publik, dijelaskan bahwa sudah adanya perbedaan kepentingan pengelolaan dan pemanfaatan hutan dan hilangnya akses pengelolaan atau pemanfaatan hutan, yang ini disebabkan salah satunya oleh kebijakan pemerintah maupun kebijakan swasta. Disebutkan pula bahwa dalam beberapa temuan lapangan yang direkam tim studi, perbedaan kepentingan terjadi antara perusahaan dengan masyarakat, perbedaan kepentingan antara masyarakat dan pemerintah, dan perbedaan kepentingan antara masyarakat dengan masyarakat.

Pada akhir sesi kegiatan konsultasi ini, lahir rekomendasi dan tindak lanjut para pihak, salah satu intinya adalah adanya keinginan penyelesaian konflik antara masyarakat dengan pihak perusahaan (PT. REKI).

Pelatihan Negosiasi

Sebelum kegiatan konsultasi Hasil Studi ini diselenggarakan, Scale Up pada tempat yang sama juga telah menyelenggarakan pelatihan negosiasi guna membangun penguatan kapasitas masyarakat dalam menyelesaikan konflik.

Penyelenggaraan pelatihan negosiasi bagi masyarakat yang berada di sekitar kawasan proyek Restorasi Ekosistem Sumatera, Propinsi Jambi ini, dilaksanakan pada 11 – 12 Juli 2012 di Hotel Cosmo, Jambi. Pelatihan negosiasi ini berguna untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam penyelesaian konflik dan menegaskan hak-hak masyarakat atas sumber kehidupan. [su-mom]