Home

Rabu, 27 Juni 2012
AJI - Scale Up Kupas Resolusi Konflik

KOTA (Riaupos) - Aliansi Jurnalistik Independen (AJI) Pekanbaru bekerjasama dengan Sustainable Social Development Partnership (Scale Up) menggelar diskusi penguatan kapasitas jurnalis (capacity building) dalam melakukan peliputan.

Kegiatan yang melibatkan 15 jurnalis dari berbagai media tersebut mengangkat topik "Resolusi Konflik Melalui Liputan Jurnalisme Damai" yang diadakan di Breaks Cafe, Mal Ciputra Pekanbaru, Rabu (27/6), pukul 08.30 - 13.00 Wib. "Forum ini menjadi penguatan bagi rekan-rekan jurnalis dalam memahami liputan konflik, terutama konflik sumberdaya alam. Tak hanya hasil sajian liputan yang baik, tapi dampak pemberitaan itu mendorong lahirnya penyelesaian konflik," ujar Ketua AJI Pekanbaru, Ilham Muhammd Yasir.

Diskusi ini kata Ilham, lahir dari keresahan kalangan jurnalis akan maraknya konflik akhir-akhir ini di Riau. Ada konflik PT. Raka di Kampar, di Pulau Padang, dan di perbatasan Riau - Sumut. Karenanya keresahan itu harus dipecahkan dengan mengundang pihak yang berkompeten untuk menguraikan benang kusut tersebut. "Scale Up, LSM yang kiprahnya sudah diakui dalam menguasai resolusi konflik sumberdaya alam kita sengaja gandeng. Ilmu dan teknik mereka bisa dibagikan kepada rekan-rekan jurnalis," kata Ilham. (yls)