Home

Jumat, 6 Desember 2013
Scale Up Akan Taja Seminar Nasional Masyarakat Gambut

Pekanbaru, Scale Up - Perubahan iklim global merupakan permasalahan yang sangat penting pada saat ini, dan gambut dianggap sebagai ekosistem penting di atas bumi yang dapat memberikan sumbangan signifikan terhadap kestabilan iklim global. Dalam kurun waktu 10 tahun, yaitu sejak tahun 2000 hingga tahun 2010, lahan gambut terdegradasi dengan cepat, yaitu dengan total laju degradasi lahan gambut 2,2 juta hektar.

Menurut data dari Miettinen dkk. (2011), degradasi lahan gambut terbesar terjadi di Sumatera, dengan laju degradasi sebesar 1,3 juta ha; Kalimantan memiliki laju degradasi lahan gambut terbesar kedua, yaitu 1 juta ha; dan Papua sebesar 366,000 ha. Badan Planologi Kehutanan (2005) menyebutkan bahwa laju deforestasi pada kawasan hutan dan luar kawasan hutan dari tahun 1997 sampai 2000 adalah 2,83 juta hektar, dan hutan gambut termasuk di dalamnya.

Menyikapi isu perubahan iklim dan kebijakan terkait pengelolaan di wilayah gambut, Scale Up telah mempersiapkan rencana kegiatan Pertemuan Nasional Masyarakat Gambut yang akan diadakan di Bogor pada 10 – 13 Desember 2013, dengan tema Memperluas Gerakan Masyarakat Gambut Dalam Menghadapi Perubahan Iklim Dan Kebijakan Pengelolaan Gambut.

Acara ini akan dihadiri oleh sejumlah masyarakat gambut dan perwakilan NGO dari sejumlah propinsi di Indonesia.

Menurut Harry Oktavian, Direktur Eksekutif Scale Up, kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman tentang pengelolaan dan pembelaan masyarakat gambut terhadap sumber daya alam sebagai hak kehidupan dari berbagai daerah.

"Dalam acara ini, peserta akan berbagi pengalaman tentang pengorganisasian masyarakat gambut dalam menyikapi isu perubahan iklim dan kebijakan terkait pengelolaan di wilayah gambut," jelasnya.

Harry juga menambahkan bahwa mereka akan mendiskusikan isu – isu terkini di seputar wilayah gambut bersama parapihak dan nantinya akan menyusun rencana kegiatan bersama masyarakat gambut terkait isu perubahan iklim dan pengelolaan wilayah gambut. (Mom-SU)