Home

Rabu 22 Mei 2013
Scale Up Kembali Taja Pelatihan Negosiasi

Scale Up, Pekanbaru - Scale Up yang berpengalaman melakukan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pembangunan sosial yang akuntabel dan berkelanjutan, kembali menyelenggarakan pelatihan negosiasi pada Rabu dan Kamis, 22 – 23 Mei 2013 di Hotel Trans, Panam, Pekanbaru.

Acara bertema ‘Pelatihan Peningkatan Kemampuan Masyarakat dalam Penyelesaian Konflik Sumber Daya Alam’ ini, diikuti oleh 16 peserta yang terdiri dari perwakilan masyarakat Sumatera Selatan, Jambi, Sumatera Barat, dan Riau.

Menurut Harry Oktavian, Direktur Eksekutif Scale Up, pelatihan ini adalah bertujuan untuk mengenalkan model-model penyelesaian konflik sumberdaya alam di luar pengadilan secara adil dan damai.

“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan negosiasi masyarakat dalam penyelesaian konflik sumberdaya alam,” ujarnya.

Turut hadir sebagai narasumber pada pelatihan kali ini adalah Ahmad Zazali, Koordinator Impartial Mediator Network (IMN), yang banyak menyampaikan materi terkait bagaimana mencapai upaya penyelesaian sengketa melalui mediasi, dan bagaimana menghasilkan suatu perdamaian yang disepakati para pihak dan saling menguntungkan.

Selain itu, materi pelatihan juga disampaikan oleh Romesh Irawan Putra, Albadri Arief, dan Dana Bhakti sebagai narasumber dari Scale Up. Selain pengalaman-pengalaman konflik di lapangan, mereka juga gamblang memberikan materi terkait cara pandang mengenai konflik sumberdaya alam, analisis konflik sumber daya alam, dan bentuk- bentuk penyelesaian konflik sumberdaya alam.

Pada sesi akhir pelatihan, peserta diarahkan dalam peragaan simulasi negosiasi, agar peserta dapat memahami suatu proses negosiasi lebih terperinci dan nyata sebagaimana keadaan sesungguhnya. Pelatihan akhirnya ditutup pada Kamis dengan pemberian sertifikat kepada masing-masing peserta. [mom-su]