Home

Rabu, 31 Juli 2013
INFO JAMBI
Perambah Sandera Petugas PT REKI dan Polisi Jambi

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Lebih dari 40 petugas PT Restorasi Indonesia (REKI) Hutan Harapan bersama sembilan personel Polres Batanghari dan lima personel Polda Jambi, disandera ratusan perambah di kawasan konsesi PT REKI.

Informasi yang diperoleh Tribun Jambi (Tribun Network), Selasa (30/7/2013) malam, drama penyanderaan terjadi sejak pukul 08.30 WIB, di Tanjung Mandiri, yang menjadi kawasan para perambah, di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari. Kawasan ini cukup terpencil karena ditempuh dua jam dari desa terdekat.

Upaya mediasi yang dilakukan pihak PT REKI melalui petugas di lapangan, Nazli dan Urip Wiharjo, tak menemukan titik temu. Hingga pukul 22.37 WIB, Selasa, kondisi petugas yang disandera tidak diketahui secara pasti. Informasi ini diungkapkan Popi, istri personel PT REKI yang ikut disandera.

"Tolong, puluhan petugas PT REKI sekarang disandera ratusan perambah. Bahkan, petugas dari Polres Batanghari dan Brimob Polda Jambi pun disandera," kata Popi per telepon kepada Tribun, kemarin.
Informasi ini dibenarkan Nazli, Legal Affair PT REKI, yang sedang berada tak jauh dari lokasi penyanderaan.

"Saya dan kawan-kawan sudah berada tak jauh dari lokasi. Kami tidak bisa masuk, karena kawan-kawan di sana dikepung dan disandera," tutur Nazli per telepon, kemarin.

Menurut Nazli, meskipun personel kepolisian dibekali senjata api, karena ada perintah untuk tidak menggunakan kekerasan, petugas tidak melawan.

Tidak hanya menyandera puluhan personel, diduga perambah juga membakar kendaraan petugas. Keterangan dari Nazli, personel menggunakan 12 unit sepeda motor dan lima unit mobil.

"Kami tidak bisa memastikan berapa unit kendaraan yang dibakar. Yang bisa kami pastikan, ada kendaraan kami yang dibakar perambah," tutur Nazli.

Sayang, hingga kemarin, belum ada satu pun perwakilan pihak perambah yang bisa dikonfirmasi, mengingat lokasi mereka yang sangat terpencil. (*)

Sumber :
http://id.berita.yahoo.com/perambah-sandera-petugas-pt-reki-dan-polisi-jambi-194732897.html