Home

Senin, 10 Februari 2014
INFO JAMBI
Ratusan Warga SAD Kembali Datangi Polda Jambi

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Ratusan orang warga suku anak dalam (SAD) kembali melakukan aksi kemapolda jambi, senin (10/02). Mereka menuntut agar pemerintah dan memberikan jaminan penghidupan dan keamanan untuk SAD. Massa aksi yang kebanyakan orang tua, Ibu dan anak-anak ini sudah dua bulan melakukan aksi pendudukan dilembaga adat provinsi jambi, namun hingga kini pemerintah masih juga tutup mata terhadap nasib warga SAD yang menjadi korban penggusuran.

Dalam aksi kali ini kembali mereka menyuarakan dan mendesak pemerintah segera melaksanakan amanat konstitusi sesuai dalam pasal 33 UUD 1945 dan UU pokok Agraria nomor 5/1960, dengan tuntutan:

1. Menuntut pencabutan ijin HGU PT. Asiatic persada/agro semesta mandiri semesta atau kembalikan tanah adat batin/warga SAD jambi, sesuai dengan surat rekomendasi peninjauan ulang ijin HGU PT. Asiatic persada.

2. Menuntut dihentikannya pola kemitraan yang dilakukan oleh PT. Asitic persada. Karena telah dianggap telah melanggar kesepakatan bersama semua pihak untuk dilakukannya enclave dan pengukuran ulang hgu PT. Asitic persada.

3. Menuntut tim terpadu (timdu) batanghari untuk menhgnetikan mediasi penyelesaian konflik SAD dan PT. Asitic persada secara sepihak, yang penyalagunaan inpres no.2/2012 tentang penanggualngan bahaya dalam negeri.

4. Menuntut pemerintah untuk memberikan jaminan perlidungan, keselamatan dan keamanan masyarakat SAD jambi untuk kembali kekampung halamanya semula sehingga terhindar praktek kekerasan, kriminaalisasi dan militeristik dalam penyelesaian konflik agraria. (Uti).

Sumber :
http://www.fokusjambi.com/headline-news/10888-ratusan-warga-sad-kembali-datangi-polda-jambi