subscribe: Posts | Comments

Pengelolaan Gambut Berbasis Kearifan Lokal

0 comments
Pengelolaan Gambut Berbasis Kearifan Lokal

Pengelolaan Gambut Berbasis Kearifan Lokal

Penulis : Harry Oktavian, M Rawa El Amady, Haris Gunawan, Isnadi Esman, Asrizal, P. Malano, Sandi Gusdiyan, Sudarto Marelo
Cetakan I, November 2015

 SEKILAS TENTANG BUKU

Penyelamatan lahan gambut di Indonesia merupakan agenda yang maha penting untuk segera dilakukan, baik oleh pemerintah, korporasi, non goverment organisation (NGO) dan masyarakat yang hidup di kawasan atau berdampingan dengan gambut itu sendiri.  Sebagai upaya untuk mengembalikan kapasitas CO2 yang dihasilkan gambut untuk warga dunia. Masyarakat gambut atau masyarakat yang hidup berdampingan dengan gambut merupakan garda terdepan dalam upaya perbaikan dan penyelamatan gambut. Oleh sebab itu, penting sekali meletakan posisi masyarakat tersebut sebagai bagian terintegrasi dalam program penyelamatan gambut tersebut melalui program berbasis masyarakat.

Buku ini merupakan hasil survey di tiga desa tiga provinsi. Provinsi Riau meliputi Desa  Desa Penyengat Kecamatan Sei Apit Kabupaten Siak, Provinsi Jambi meliputi desa  Sungai Bungur Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, dan provinsi Sumatera Selatan meliputi Desa Nusantara jalur 27 Kecamatan Air sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Pada tahap awal Scale Up menugaskan jaringan Gambut Riau, Jaringan Gambut Jambi dan Jaringan Gambut Sumatera selatan untuk melakukan kajian di desa-desa yang telah ditetapkan. Hasil kajian dari jaringan gambut diperdalam oleh tim riset Scale Up dengan turun lagi ke lapangan.  Tim riset berdiam beberapa hari desa yang ditetapkan lalu menyampaikan laporan ke Scale Up. Untuk mendapat data baik tim jaringan gambut maupun tim scale Up melakukan wawancara terstruktur pada responden dengan katagori tetua desa yang dianggap mengerti kultur pertanian lahan gambut di desa tersebut. Laporan ini, juga diperkaya oleh kajian literatur oleh tim perumus Scale Up.

Dengan terbitnya buku ini ada hal-hal yang ingin kami sampaikan kepada seluruh pihak di dalam mendorong pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip yang digunakan oleh masyarakat gambut selama ini.

Bagi yang berminat dengan buku ini, silahkan kirim email ke : infoscaleup@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image