subscribe: Posts | Comments

Sagu : Mutiara Tersembunyi di Lahan Gambut

0 comments
Sagu : Mutiara Tersembunyi di Lahan Gambut

Sagu : Mutiara Tersembunyi di Lahan Gambut

Penulis : DR.  M. Rawa El Amady dan Isnaini Bakrie, M.Si
Cetakan I, November 2016

 SEKILAS TENTANG BUKU

Berdirinya BRG menjadi satu langkah maju dalam upaya penyelamatan gambut yang terintegrasi dengan pemerintah. keberadaan BRG menjadi satu kekuatan baru dalam menyelamatkan gambut. Ada banyak pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki NGO atau organisasi masyarakat yang sebelumnya bekerja untuk penyelamatan gambut. Merefleksikan pengalaman-pengalaman kerja yang sudah dilakukan dalam upaya menyelamatkan gambut menjadi penting, untuk memberi masukan kepada BRG dan bekerjasama dalam proses restorasi gambut.

Isi buku ini merupakan salah satu bentuk refleksi dari rangkaian diskusi dan analisa atas permasalahan dialami masyarakat. Mungkin buku ini tidak dapat memberikan gambaran secara keseluruhan keadaan dan pengalaman dalam penyelamatan gambut. Namun buku yang ditulis oleh dua penulis ini, mencoba menyajikan kepada pembaca mengenai komoditas sagu sebagai upaya penyelamatan gambut dari dua perspektif yang berbeda. Pertama, suatu relasi ekonomi masyarakat dalam memilih sagu sebagai tanaman komoditas di lahan gambut dengan ragam faktor sosial yang mempengaruhinya. Kedua, bagaimana membudidayakan tanaman sagu mulai dari pembibitan, perawatan, hingga pemanenan.

Bagi yang berminat dengan buku ini, silahkan kirim email ke : infoscaleup@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image