PALEMBANG, GORIAU.COM – Lembaga kemitraan pembangunan sosial berkelanjutan, Scale Up bekerja sama dengan divisi gambut Serikat Petani Sriwijaya (SPS) Sumatera Selatan melaksanakan kegiatan penguatan kapasitas masyarakat di Hotel Azza Palembang, Senin (27/10/2014). Penguatan yang diberikan terutama dalam hal resolusi konflik sumber daya alam (SDA), FPIC dan negosiasi.
Kepala divisi gambut SPS, Sudarto Marelo dalam sambutannya berharap, peserta memperoleh pencerahan dalam persoalan konflik. “Selama ini perjuangan yang telah kita lakukan dalam memperebutkan dan mempertahankan hak atas tanah, seakan sebuah jalan panjang berliku dan tidak tahu titik ujungnya. Melalui kegiatan ini, kita berharap dapat solusi yang baik dalam penyelesaian konflik yang kami hadapi,” kata Sudarto.
Sementara itu Direktur Eksekutif Scale Up, Harry Oktavian menjelaskan, peningkatan kapasitas masyarakat perlu dilakukan agar masyarakat mampu mengkomunikasikan haknya melalui proses yang baik dan berkeadilan. “Dengan memperkuat posisi dan pengetahuan masyarakat tentang resolusi konflik, maka masyarakat akan memiliki pilihan strategi untuk menyelesaikan konflik yang dihadapinya,” ungkap Harry.
Kegiatan berlangsung selama dua hari dengan pemateri berasal dari Scale Up Pekanbaru. (rls)