subscribe: Posts | Comments

Scale Up Hadir di Festival Media 2016

0 comments
Scale Up Hadir di Festival Media 2016

Scale Up, Pekanbaru – Menurut anda, konflik itu apa? Konflik adalah dua pemahaman yang tidak pernah sepakat. konflik itu pertarungan. Konflik itu anugrah. Konflik itu buruk, Jauhi!. Konflik itu seni. Konflik itu teman ngomong belakang. Konflik adalah perbedaan pendapat yang tidak bisa dikomunikasikan dengan baik. Konflik itu bencana. Konflik itu pertikaian/sengketa antara dua pihak yang berbeda. Konflik itu ketika aku dan kamu tidak bisa jadi kita. 

Demikian pendapat para pengunjung ketika mengutarakan defenisi konflik saat berkunjung di stand Scale up. Pendapat ini ditulis di atas sticky note berwarna-warni dan ditempel di pojok dinding stand.

pendapat-konflik

Scale Up turut serta mengisi acara Festival Media (FesMed) 2016 yang diselenggarakan oleh Aliansi Jurnalistik Indonesia (AJI) dan mengambil tempat di area Pustaka Wilayah/Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. Dalam acara itu, 37 stand ikut memeriahkan FesMed yang diselenggarakan pada tanggal 19 dan 20 November 2016 tersebut.

Scale Up satu-satunya NGO yang hadir dalam FesMed bertema Lingkungan ini, cukup menyita perhatian pengunjung. Scale Up banyak menampilkan materi publikasi seperti buku, buletin, stiker, video, komik, dan baju kaos. Selain itu Scale Up menggelar produk rumahan milik masyarakat desa Sambal Podeh Selais dan ikan asap baung. Buku, buletin, video dokumenter, komik, dan stiker dibagikan secara cuma-cuma kepada pengunjung. Sebuah pesawat tanpa awak yang dirakit sendiri oleh anggota Scale Up ikut pula dipamerkan.

dewi-fesmed2016-low

Ada yang bertanya, Scale Up ini apa dan kenapa hadir di FesMed. Seperti pertanyaan yang diajukan oleh seorang pengunjung, Dwidjo Maksum dari Kediri. “Scale Up ini komunitas atau apa ya, hubungannya dengan acara AJI apa?”

Scale Up adalah sebuah NGO yang intens mendorong penyelesaian konflik sumber daya alam melalui jalur di luar pengadilan atau ADR (alternative Dispute Resolution). Penyelesaian konfliknya bisa berupa mediasi atau negosiasi. Demikian ujar Mu’ammar Hamidy dari Divisi Riset dan Publikasi Scale Up yang saat itu hadir di ruang stand.

“Scale Up telah banyak bekerjasama dengan AJI Pekanbaru terkait publikasi bertema konflik, misalnya publikasi penyelesaian konflik melalui ADR dengan membuat buku, komik, video dokumenter, desain baju, dan acara-acara dialog,” ungkapnya.

Salah satu buku yang banyak diminati oleh pengunjung adalah sebuah buku Panduan Meliput Konflik Sumber Daya Alam berjudul Antara Eksklusivitas Berita dan Keselamatan Jurnalis, kerjasama Scale Up dan AJI. Komik – komik bertema konflik SDA produksi Scale Up yang bekerjasama dengan AJI juga banyak diminati anak-anak dan pelajar, karena isinya cukup lucu dan menggelitik.

Diketahui bahwa Festival Media 2016 yang diselenggarakan oleh AJI pada Sabtu lalu dibuka oleh Gubernur Riau Ir. H. Arsyadjuliandi Rachman, M.B.A. Acara yang dibuka pada pukul 09.00 Wib mendapatkan apresiasi dari Gubernur Riau. Menurutnya kegiatan ini dapat menjadi ajang mempromosikan kota Pekanbaru dan Riau secara umum.

stand-su-fesmed2016-low

Fakhrurodzi, Ketua AJI Pekanbaru menyebutkan bahwa kegiatan ini diadakan oleh AJI Indonesia dan AJI Pekanbaru sebagai penyelenggara. Terhitung lebih dari 5000 orang pada hari pertama mengunjungi acara FesMed 2016. Acara kali ini bertema lingkungan, dan ia berharap ke depan ada penyelenggaraan acara serupa.

“Acara FesMed 2016 selain menampilkan foto-foto lingkungan hasil jepretan Pewarta Foto Indonesia (PFI), pameran gambar karikatur oleh Sindikat Kartun Indonesia (Sikari), dan sejumlah workshop, gelaran acara ini juga dimeriahkan dengan stand up comedy, live music, dan lomba menggambar atau mewarnai bertema lingkungan,” Ujar Fakhrurodzi.

AJI seluruh Indonesia juga turut memeriahkan acara FesMed 2016. Voice of America (VoA), Green Radio, IndiHome, ikut serta dalam acara ini. Stand Universitas Lancang Kuning juga cukup unik karena memamerkan hewan melata seperti ular dan iguana.  (mom)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image