subscribe: Posts | Comments

Scale Up Isi Klinik Resolusi Konflik dalam Jambore Masyarakat Gambut

0 comments
Scale Up Isi Klinik Resolusi Konflik dalam Jambore Masyarakat Gambut

Jambi, Scale Up – Dalam kegiatan Jambore Masyarakat Gambut disediakan ruang berbagi pengetahuan bagi siapapun yang diberi nama Pondok Belajar. Beberapa lembaga berpartisipasi memberikan materi belajar dengan tema yang berbeda satu dengan lainnya. Berbagi suatu pengalaman resolusi konflik yang telah dilakukan masyarakat menjadi tema Pondok Belajar Scale Up dalam Jambore Masyarakat Gambut pada Ahad, 6 November 2016.

Ruangan yang sengaja dibuat dengan partisi di atas beranda GOR menjadi tempat beberapa Pondok Belajar. Di ruang Pondok Belajar nomor lima, terlihat orang-orang berdiri dengan pandangan mata yang tertuju ke dalam ruangan. Rupanya, mereka sedang mengikuti pemaparan pengalaman dari masyarakat yang pernah melakukan resolusi konflik.

klinik02

Pengalaman akan resolusi konflik yang diuraikan oleh masyarakat mengantarkan pada pembahasan pengidentifikasian konflik yang terjadi. “Apa sebenarnya konflik itu sendiri? Kenapa konflik bisa terjadi? Padahal konflik tidak kita undang. Kalau sudah begini bagaimana konflik dapat diselesaikan?” tanya fasilitator Istiqomah memancing peserta belajar.

klinik01

Lontaran pertanyaan fasilitator, rupanya menggugah untuk mendiskusikan langkah-langkah dalam penyelesaian konflik. Mengenal konflik merupakan kunci utama dalam menentukan penyelesaian konflik. Mekanisme penyelesaian konflik yang ada juga dijelaskan.

Salah satu peserta bernama Sudirman mengatakan, sudah pernah melayangkan surat keluhan kepada APP, kemudian ditanggapi dengan turunnya pihak perusahaan untuk pengidentifikasian. Namun setelah itu belum ada tidak lanjutnya kembali.

klinik03

“Konflik yang terjadi antara satu tempat dengan yang lainnya itu pasti berbeda-beda, maka belajar mendengarkan pengalaman penyelesaian konflik dari tempat lain menjadi penting untuk merumuskan resolusi konflik di tempat kita masing-masing,” tandas Harry Oktavian menutup pondok belajar. (som)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image