subscribe: Posts | Comments

Warga Sungai Sialang Demo PT. Sindora Seraya

0 comments
Warga Sungai Sialang Demo PT. Sindora Seraya

Rokan Hilir, Scale Up – Masyarakat Sungai Sialang Hulu, Kecamatan Batu Hampar pada Rabu (19/7) menggelar aksi demonstrasi di PT. Sindora Seraya. Masyarakat yang tergabung dalam Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Mekar Jaya menuding pihak perusahaan melakukan penyerobotan lahan.

Gapoktan Mekar Jaya mendapatkan legalitas untuk mengelola lahan seluas 500 hektar dari Kepenghuluan Sungai Sialang Hulu pada 2011. Lahan dikelola kelompok dengan ditanami sawit. Namun pada tahun 2012, PT. Sindora Seraya membabat perkebunan sawit milik kelompok tani.

“Perkebunan seluas 150 hektar milik kelompok dihancurkan oleh pihak perusahaan,” ujar Junaidi selaku perwakilan masyarakat.

Aksi ini bukan yang pertama kalinya dilakukan, pada 2012 Gapoktan pernah menggelar aksi serupa. Beberapa dialog dan perjanjian sebelumnya juga pernah dilakukan. Salah satu perjanjian yag pernah disepakati oleh tim 9 Gapoktan, lahan tidak boleh digarap masyarakat maupun perusahaan sampai ada penyelesaian.

Belum ada penyelesaian dan justru perusahaan mengklaim lahan masuk dalam HGU. Perjanjian yang disepakati sebelumnya tidak dijalankan, perusahaan malah menanam sawit di lahan sengketa tersebut. Demikian ungkap Junaidi.

“Kami meminta kejelasan lahan Gapoktan seluas 500 hektar yang digarap PT. Sindora Seraya,” jelas Junaidi.

Aksi demonstrasi kemudian difasilitasi untuk berdialog dengan Perwakilan PT. Sindora Seraya. Selain pihak perusahaan, dialog dihadiri Penghulu Sialang Hulu, Camat Batu Hampar, Polres, dan Tim 9 Gapoktan. Dialog menghasilkan kesepakatan untuk melakukan pengukuran lahan bersama BPN pada September mendatang. (su)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image