Scale Up Perkuat Jaringan Kerja Internasional

Scale Up Perkuat Jaringan Kerja Internasional

14 Januari 2020 519

Pekanbaru,- Sustainable Social Development Partnership (Scale Up) yang merupakan sebuah lembaga Non pemerintah yang didirikan pada 2007 tengah memperkuat pengembangan jaringan kerjanya internasional, nasional dan lokal guna mendorong terlaksananya pembangunan sosial yang akuntabel dan berkelanjutan melalui kemitraan yang dinamis antara masyarakat sipil, pemerintah dan sektor swasta.

“Beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh Scale Up dalam memperkuat pengembangan jaringannya diantaranya adalah telah terdaftarnya Scale Up sebagai anggota Konsil LSM sejak 2019, Scale Up juga sudah tergabung AIchub Global mitra, kemudian Scale Up juga telah mendaftarkan kota Pekanbaru sebagai City of Peace, hal ini untuk mendukung Pekanbaru sebagai destinasi wisata, melalui CV. Oasis Indonesia unit bisnis Scale Up dalam mengembangkan destinasi wisata di Riaukata Direktur Scale Up Dr. M. Rawa El Amady di Pekanbaru.

“Selain itu, Scale Up juga telah melakukan komunikasi dan kunjungan ke lembaga donor di Jakarta seperti JICA, EU, Swiss Embassy, ISPO Kehati, dan lainnya, tidak hanya itu, Scale Up juga telah bekerjasama dalam membangun unit resolusi konflik dengan APKASINDO yang diwujudkan dalam MoU,” jelasnya.

Disamping itu, melalui divisi mitigasi, Scale Up telah melakukan koordinasi dengan KPH Suligi Batu Gajah dan KPHP Tasik Besar Serkap.

“Dengan KPH Suligi batu gajah, divisi mitigasi melakukan follow up RPHJP, yang selanjutnya akan dilakukan diskusi mengenai resolusi konflik di wilayah kerjanya. Namun sampai saat ini belum ditemukan waktu yang cocok untuk melakukan rencana tindak lanjut melakukan diskusi,” ujarnya.

Kemudian, upaya lain untuk memperkuat dan mengembangkan jaringan, Scale Up juga telah tergabung dalam komite konsultatif dalam review dan implementasi RPHJP di wilayah KPHP Tasik Besar Serkap dan Perkumpulan Scale Up. Scale Up tergabung dalam Pokja Percepatan Perhutanan Sosial (PPS) Provinsi Riau bidang penanganan konflik.

 “Scale Up juga aktif dalam kegiatan Review SDGs,” ucapnya.

 Ia menyampaikan bahwa pengembangan Jaringan ini dilakukan sebagai lembaga yang berfokus dalam bidang resolusi konflik, Divisi Riset dan Fundraising juga mencoba menjajaki kerjasama dengan berbagai lembaga yang memiliki keahlian di sektor tersebut.

“Beberapa penjajakan yang pernah dilakukan oleh Divisi Riset dan Fundraising selama periode 2019 adalah Tracy Blanchard Program Coordinator Harvard Negotiation & Mediation Clinical Program Harvard Law School, International Cities of Peace Liason Office di Riau yang terintegrasi dengan 180 kota di dunia, kemudian dengan Global Resilience Partnership, Swedia dengan bentuk kerjasama mempromosikan upaya – upaya mengenai kesiapan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim baik dalam bentuk tulisan diskusi dan koalisi. Serta dengan IFA (Institut für Auslandsbeziehungen) Charlottenplatz dan di IFA ini, nama Scale Up sudah dimasukkan  ke dalam list NGO mitra di IFA yang akan menampung fellowship dari Jerman yang tertarik untuk magang di Scale Up. Kemudian IFA juga membuka peluang pendanaan dan kesempatan fellowship bagi Scale Up melalui Synergy Fund. dan Cross Culture Program 2020,” paparnya.