Perkumpulan Scale Up Menggalang Donasi Untuk Suku Akit

Perkumpulan Scale Up Menggalang Donasi Untuk Suku Akit

05 Mei 2020 139
Perkumpulan Scale Up menggalang donasi untuk Suku Akit khususnya di desa Lukit dan Lukun di Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai upaya untuk terlibat bersama Suku Akit melawan Covid 19. Sebagaimana diketahui bahwa Suku Akit masih sangat miskin dan terisolir bahkan kurang mendapat perhatian, sementara posisi kampung mereka ada di Kabupaten Kepulauan Meranti  yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia sehingga sangat rawan kehadiran pekerja ilegal yang masuk melalui pelabuhan tradisional di desa-desa mereka.  
 
Demikian disampaikan Direktur Perkumpulan Scale Up, M Rawa El Amady pada Selasa (5/5) bahwa Suku Akit adalah salah satu Suku Asli Riau yang sebagian besar berdomisili di wilayah pesisir atau pulau-pulau di Provinsi Riau yang menjadi pintu masuk migrasi para TKI. Dalam kondisi sehari hari saja (tidak pandemi covid-19), Suku Akit berada dalam kondisi yang termarjinalkan, jauh dari akses kesehatan, akses informasi, akses sarana publik dan keterbatasan ekonomi. 
 
"Dalam kondisi pandemi hari ini Suku Akit menjadi kelompok rentan terkena covid-19 karena keterbatasan informasi dalam pencegahan covid-19 dan keterbatasan sumber penghidupan. Scale Up terpanggil untuk menyumbangkan pemikiran dan bergerak melakukan penggalangan donasi kepada masyarakat Suku Akit, karena masyarakat Suku Akit yang bermukim di perbatasan negara sebagai pintu keluar masuknya TKI dari Singapura dan Malaysia sangat  tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah," Jelas Rawa.  
 
Ditambahnya lagi, bahwa masyarakat Suku Akit perlu mendapatkan pemeriksaan kesehatan, penyuluhan pencegahan covid-19 dan menjamin suply kebutuhan pokok selama pandemi berlangsung. Untuk itu, perkumpulan Scale Up melakukan penggalangan donasi untuk memberikan bahan pangan, masker dan penyuluhan pencegahan covid-19 pada suku akit di Desa Lukit dan Lukun. Donasi akan didistribusikan pada lebih kurang 550 Kepala Keluarga Suku Akit di dua desa tersebut. 
 
Sebagaimana diketahui, bahwa pademi Covid-19  terjadi sejak bulan Maret lalu. Penyebaran covid-19 saat ini telah memberikan dampak bagi masyarakat di Riau. Tidak hanya dari aspek kesehatan, tetapi covid-19 telah memberikan dampak sosial dan ekonomi. Riau merupakan provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia, sehingga Riau menjadi pintu masuk migrasi para TKI dari Malaysia.
  
Kepada masyarakat luas yang ingin berempati pada suku akit , donasi dapat disalurkan melalui No rekening 1080017050999 Bank Mandiri An Perkumpulan Scale Up. Kontak kami di 081276277871 (Fajar) atau 085264713680 (Wiwin).⠀