Perkumpulan Scale Up Bersama KITLV Gelar Webinar Launching Policy Brief Penanganan Konflik Perkebuna

Perkumpulan Scale Up Bersama KITLV Gelar Webinar Launching Policy Brief Penanganan Konflik Perkebuna

30 November 2020 99
Perkumpulan Scale Up bersama KITLV akan menggelar Webinar Launching Policy Brief Penanganan Konflik Perkebunan Sawit di Riau dengan menggunakan platform  zoom meeting pada hari Selasa (1/12). Kegiatan ini sebagai upaya untuk memaparkan dokumentasikan trajektori dan hasil dari kasus-kasus konflik kelapa sawit di Riau. 
 
Husni Setiawan sebagai ketua pelaksana webinar mengatakan kegiatan ini nantinya akan menghadirkan Prof. Ward Berenschot dan Anggie Kumala Sari sebagai peneliti konflik perkebunan kelapa sawit. Dalam kegiatan ini juga akan menghadirkan Edy Natar Nasution (Wagubri Riau), S.IP, Ir Gulat Manurung, MP, C.APO (Ketua Umum DPP APKASINDO), Ir Zulfadli (Kadis Perkebunan Provinsi Riau), Suraya Afiff, ph.D (pakar konflik Universitas Indonesia, dan Lichwan Hartono (PJS Ketua GAPKI Riau) sebagai penanggap. 
 
Menurut Husni kegiatan Policy Brief Penanganan Konflik Perkebunan Sawit di Riau sangat penting dilaksanakan karena konflik disektor perkebunan kelapa sawit terus mengalami peningkatan di Riau. 
 
" Perkumpulan Scale Up mencatat bahwa konflik perkebunan sawit terus mengalami peningkatan pada tahun 2019 yaitu 38 kasus pada sektor Sawit. Untuk itu diperlukan penyelesaian lebih konferehensip oleh pemerintah daerah," jelas Husni. 
 
Husni menambahkan bahwa setelah kegiatan ini diharapkan pemerintah daerah berkomitmen untuk menyelesaikan konflik kelapa sawit di Riau melalui unit penanganan konflik yang independen ditingkat daerah sekaligus regulasi penanganan konflik dilevel provinsi maupun kabupaten/kota.